Sehat di Tempat yang Nyaman

ngin bugar, tapi badan malah pegal-pegal. Itulah dampak salah memilih tempat kebugaran. Memilih sarana berolahraga ini memang gampang-gampang susah, terutama mencari tempat yang nyaman. Jumlahnya memang bejibun, tapi benarkah sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
Bisa jadi anda merasa tak nyaman di suatu tempat yang telah Anda pilih.  Mungkin karena alatnya terbatas, atau musiknya terlalu memekakkan telinga, dan banyak lagi. Namun Anda harus sadar mengenai fungsi studio kebugaran.  Janganlah menjadi anggota pusat kebugaran pembentukan otot jika Anda merasa menjadi orang luar.

"Pusat kebugaran merupakan seting sosial seperti tempat lainnya,  seperti di bar atau kantor," kata Doug McKee, seorang trainer fitness pribadi di The San Fransisco Bay Club. "Setiap seting sosial memiliki hal-hal tertentu yang tak Anda sukai." Kunci untuk menghilangkan ketakutan dan ketidaknyamanan Anda, menurut McKey adalah, "Anda harus mampu menguasai lingkungan !"
Meski demikian, kenyamanan dan keselamatan tetaplah penting. Jika Anda hendak memilih tempat kebugaran, perhatikan hal-hal berikut ini:
Pertama, jika Anda hendak mencari pusat kebugaran yang tepat, pertama-tama carilah informasi sebanyak-banyaknya. Bisa melalui teman-teman atau rekan kerja Anda, brosur-bosur, dan terutama menanyakan langsung ke sebuah pusat kebugaran. Semua jawaban itu Anda cross-check, bandingkan, dan kalau pun memenuhi keinginan Anda, pertimbangkan secara matang.
Kedua, siapa yang melatih Anda. Dalam studio faktor pelatih amat penting, karena dia lah yang bertanggung jawab untuk membimbing Anda. Tanyakan dan lihatlah apakah dia pelatih bermutu, memiliki pendidikan memadai dan bisa diandalkan. Tanpa perlu segan, tontarkan pertanyaan secara bijaksana mengenai kualifikasi dan bidang keahlian.
Ketiga, melihat langsung ke tempat kebugaran lebih bagus. Setidaknya Anda bisa melihat apakah peralatannya memadai. Peralatan latihan yang terbaru tak begitu penting. Terpenting kondisinya, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Ini demi keselamatan dan kenyamanan saat berolah raga. Periksalah sendiri kondisi dan keadaan alat-alat kebugaran tersebut. Atau tanyakanlah kepada instruktur kebugaran mengenai kondisi alat.
Keempat, sebelum Anda setuju untuk menjadi anggota pusat kebugaran tertentu, cobalah untuk berlatih di sana selama seminggu. Studio kebugaran yang serius seharusnya selalu membolehkan Anda melakukan uji coba secara cuma-cuma tanpa ada suatu komitmen dan diawasi oleh seorang pelatih. Ketika mencoba ini Anda bisa melihat apakah pelatihnya bagus ketika  melakukan tes latihan bersama Anda. Kemudian tanyakan pada diri Anda, "Apakah Saya akan merasa nyaman di sini, dan mendapatkan hasil yang sesuai?"  Selanjutnya terserah Anda. Selamat berlatih