Black Box Merpati Besok Siap Dikirim ke China

Dua kotak hitam (FDR dan CVR) dari bangkai pesawat Merpati MA 60 yang jatuh ke Teluk Kaimana, Papua, sudah ditemukan.

Saat ini KNKT tengah menyiapkan FDR untuk diberangkatkan ke China selaku negara produsen pesawat MA 60 dalam waktu dekat. “Akan kami kirim ke China besok 11 Mei atau dua hari lagi, kami sedang bersiap," ujar Masruri, Ketua Sub Komite Penelitian Kecelakaan Udara KNKT di Jakarta, Selasa (10/5/2011).

FDR ini akan diberangkatkan bersama FDR dari insiden pesawat dengan tipe dan dari maskapai yang sama, pada 19 Februari silam. "Ya ada dua FDR yang akan diberangkatkan," imbuhnya.

Untuk kondisi FDR yang dikirimkan, KNKT mengaku belum mengetahui. Pasalnya, FDR telah terbungkus kotak rapi dan tidak bisa sembarang mendapat perlakuan. "FDR sudah dalam keadaan terbungkus, kami tidak bisa sembarangan membuka, nanti biar dari sana (China) yang menangani," terang Masruri.

Untuk FDR tipe ini, KNKT mengaku belum mampu untuk menangani. "Kami belum punyasoftware-nya, kalau yang buatan barat kami punya karena populasinya di Indonesia besar," ujar Tatang Kurniadi, Ketua KNKT.

Jika kondisinya normal, Masruri menjelaskan, pembacaan FDR bisa selesai dalam rentang waktu sepekan hingga 10 hari. Sedangkan untuk CVR akan ditangani sendiri oleh KNKT. Status terbaru, CVR masih dalam perjalanan dari Papua. "Kami bisa kalau membaca CVR," tambah Masruri.(ful)
(mbs)



by : okezone.com